Jumat, 09 Juli 2010

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN

MACAM-MACAM MEDIA SERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

A. MEDIA GRAFIS

Media grafis termasuk media visual, sebagaimana media yang lain media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima pesan.

Macam-macam media grafis, yaitu antara lain :

1. Gambar Fhoto

Gambar/ fhoto adalah media yang paling umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana.

o Kelebihan media gambar/fhoto, antara lain :

a. Sifatnya konkrit : gambar/foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata

b. Gambar dapat mengatasi batangan dan ruang waktu gambar/photo dapat mengatasi banyak hal-hal tertentu.

c. Media gambar/foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita

d. Foto dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tigkat usia berapa saja sehingga dapat mencegah dan membetulkan kesalahfahaman.

e. Hemaat biaya karena foto gampang di dapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.

o Disamping kelebihan gambar/foto mempunyai kekurangan yaitu :

a. Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata

b. Gambar/foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran

c. Ukurannya sangat terbtas untuk kelompok besar

Selain media gambar fhoto mempunyai kelebihan dan kekurangan media ini juga mempunyai syarat yang perlu di penuhi oleh gambar/foto agar bisa dijadikan media pendidikan yang baik syaratnya, yaitu :

1. Autentik

Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.

2. Sederhana

Cukup sederhana/jelas menunjukkan penerapan pokok dalam gambar.

3. Ukuran Relatif

Dapat memperbesar/memperkecil objek, benda sebenarnya

4. Sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan

5. Gambar yang bagus belum tentu baik utnuk mencapai tujuan pembelajaran

6. Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus

2. Sketsa

Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail dan kelebihannya :

a. jika gurunya kreatif dapat menunjukkan ide-idenya kedalam bentuk sketsa

b. Dapat menarik perhatian murid

c. Menghindari verbalisme

d. Dapat memperjelas penyampaian pesan

e. Harganyapun tak perlu di persoalkan sebab media ini yaitu sebagai berikut :

1. Sifatnya simbolis, abstrak sehingga sulit di pahami

2. Selain sifat simbolis, abstrak sifatnya juga padat

3. Media ini tidak mempunyai latar belakang

3. Diagram

Merupakan suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol – simbol, diagram atau skema menggambarkan struktur dari objek secara garis besar.

o Kelebihan Media Diagram yaitu sebagai berikut

1. Media ini rapi, benar jelas, dan di beri titel

2. Ditempatkan secara trategis

3. penyusunannya sesuai dengan pola dan memperjelas arti.

o Kekurangannya :

1. Diagram bersifat simbolis dan abstak sehingga sulit di mengerti

2. Yang mampu membaca/untuk dapat membaca diagram seorang harusmempunyai latar belakang tentang apa yang di agramkan.

4. Bagan/ Chart

Media ini fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga dapat memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu persentasi.

o Kelebihan dari bagan/ chart sebagai salah satu media pendidikan yaitu antara lain :

1. Bentuknya sederhana

2. Hemat biaya/ murah

3. Detail

o Sedangkan kekurangan dari media ini adalah :

1. Biasanya data dari bagan banyak

2. Pesannya terlalu singkat sehingga sulit di pahami

3. dan hanya menekankan pada persepdi indra mata saja

5. Grafik/ Grafis

Grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik, garis atau gambar fungsi grafik adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti :

o Beberapa manfaat/ kelebihan grafik sebagai media, yaitu :

1. Grafik bermanfaat sekali untuk mempelajari dan mengingat data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya

2. Grafik dengan cepat memungkinkan kita mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan, dan arah.

3. Penyajian data grafik : jelas, cepat, menarik, ringkas, dan logis.

o Kekurangan grafik sebagai media, yaitu sebagai berikut :

1. Hanya bermanfaat dan mengingat kepada :

2. Media ini sulit di pahami karena berbentuk gambar sederhana

6. Media Kartun

Merupakan suatu gambar interpretatif yang menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan suatu pesan saudara cepat dan ringkas atau suatu sikap terhadap orang, situasi atau kejadian-kejadian tertentu.

o Kelebihannya

1. Kemampuan besar sekali untuk menarik perhatian

2. Pesan yang besar bisa di sajikan secara ringkas

3. Kesannya akan tahan lama di ingatan

o Kekurangannya

1. Kartun biasanya hanya menangkap esensi pesan

2. Menuangkannya dalam gambar yang sederhana

3. Mempengaruhi sikap ataupun tingkah laku

7. Poster

Poster selain menyampaikan kesan-kesan tertentu juga mampu mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang lain yang melihatnya. Poster berfungsi untuk mempengaruhi orang-orang membeli produk baru dari suatu perusahaan, untuk mengikuti program keluarga berencana atau untuk menyayangi binatang dapat dituangkan lewat peristiwa.

o Kelebihan poster ini yaitu :

1. Poster dapat dibuat di kertas, kain, batang kayu, seng dan semacamnya

2. Pemasangannya bisa di kelas, di luar kelas, di pohon, di tepi jalan, dan di majalah

3. Ukurannya terserah/ tergantung kebutuhan

o Kekurangan dari media poster yaitu sebagai berikut :

1. Media ini tetap

2. Sulit untuk dipindahkan

8. Peta dan globe

Peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi

o Kelebihan dari media ini ialah sebagai berikut :

1. Memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan politik daerah kepulauan, dan lain-lain.

2. Merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh-pengaruh geografis

3. Memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.

o Kekurangannya :

1. Tidak dapat dilihat langsung

2. Membuatnya butuh waktu yang lama

3. Butuh ketelitian

B. MEDIA AUDIO

Media audio ini berbeda dengan media grafis, media audio ini berkaitan dengan indera pendengaran. Media seperti ini pesan ayng di tuangkan/ di sampaikan kedalam lambang-lambang audiutif, baik verbal ( kedalam kata-kata/bahasa lisan). Maupun non verbal.

Macam-macam media audio, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Radio

Radio juga merupakan suatu media yang termasuk kedalam media audio.

o Kelebihan dari media ini adalah sebagai berikut :

1. Harganya relatif murah dan variasi programnya lebih banyak dari pada TV

2. Sifatnya mudah dipindahkan (mobile). Radio dapat di pindahkan dari suatu ruang ke ruang lain dengan mudah

3. Jika di gunakan bersama-sama dengan alat perekam radio bisa mengatasi problem jadwal karena program dapat di rekam dan di putar lagi sesuka kita

4. Radio dapat mengembangkan daya imajinasianak

5. Rado dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang di gunakan pada bunyinya dan artinya.

o Sedangkan kelemahan-kelemahan media pendidikan radio yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Sifat komunikasinya hanya satu arah, (one way comunication)

2. Biasaya siaran di sentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrolnya

3. Penjadwalan pelajaran dan siaran sering menimbulkan masalah integrasi siaran radio kedalam kegiatan belajar mengajar di kelas sering kali menylitkan.

2. Alat Perekam pita magnetic ( magnetic tape recording). Atau lazimnya orang menyebut tape recorder adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat diabaikan untuk menyampaikan informasi. Karena mudah menggunakan

o Kelebihan Alat Perekam sebagai media pendidikan yaitu sebagai berikut :

1. Alat perekam peta magnetic mempunyai fungsi ganda yang efektif sekali untuk merekam, untuk menampilkan rekaman, dan menghapusnya

2. Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mempengaruhi volume

3. Rekaman dapat dihapus secara otomatis dan pitanya bisa dipakai lagi

4. Pita Rekaman dapat dipakai sesuai jadwal yang ada. Guru dapat mengontrolnya secara langsung

5. Program kaset dapat menyajikan kegiatan-kegiatan/ hal-hal di luar sekolah.

6. Program kaset bisa menimbulkan berbagai kegiatan

o Sedangkan kekurangan media alat perekam pita magnetik sebagai media pendidikan yaitu antara lain :

1. Daya jangkauannya terbatas, jika radio sekali di siarkan dapat menyiarkan pendengar yang massal tempat-tempat berbeda, program kaset hanya terbatas di tempat program yang disajikan saja

2. Dari segi biaya penyedianya bila untuk sasaran yang banyak jauh lebih mahal.

3. Laboratutium bahasa

Laboratorium bahasa adalah alat untuk melatih siswa untuk mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran yang disiapkan sebelumnya.

o Kelebihan Laboratorium bahasa ini yaitu :

1. Dalam laboratorium bahasa, murid duduk sendiri-sendiri didalam kotak bilik akustik dan kotak suara

2. Siswa mendengar suara guru yang dididik diruang kontrol lewat handphone

3. Siswa dapat membandingkan ucapannya dengan ucapan gurunya

4. Siswa dapat memperbaiki kesalahannya yang dibuatnya dalam waktu yang ringkas.

C. MEDIA PROYEKSI DIAM

Media proyeksi diam (Still proyected medium ) mempunyai persamaan dengan media grafik dalam arti menyajikan rangsangan –rangsangan visual. Selain itu bahan-bahan grafis banyak sekali di pakai didalam media proyeksi diam

Jenis-jenis media proyeksi diam, yaitu :

1. Film Bingkai

Film bingkai adalah suatu film berukuran 35 mm yang biasanya di bungkus bingkai berukuran 2x2 inci terbuat dan karton, atau plastik

o Kelebihan dari film bingkai ini sebagai media pendidikan sebabai berikut :

1. Materi pelajaran yang sama dapat di sebarkan ke seluruh siswa secara serentak

2. Perhatian anak-anak dapat dipusatkan pada satu butir tertentu sehingga dapat menghasilkan keseragaman pengamatan

3. Fungsi berfikir penonton dirangsang dan di kembangkan secara bebas

4. Film bingkai berada di bawah kontol guru. Guru bebas memutarnya kecepatan dan frekuensi putar bisa diatur.

5. Film bingkai baik untuk menyajikan berbagai bidang studi tertentu, dapat digunakan baik secara kelompok maupun individual dan tidak pandang usia

6. Penyimpanan film bangkai sangat mudah (praktis)

o Kekurangan dari media ini yaitu sebagai berikut :

1. Seni program film bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas merupakan kelebihan sekalian titik kelemahan

2. Film bingkai hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam (still) dibandingkan media audio yang visual lainnya.

3. Media ini memerlukan ruang yang gelap

4. Dibandingkan dengan gambar, foto atau papan flanel pembuatan film jauh lebih mahal biayanya.

2. Film Rangkai

Film rangkai ini sebagai media pendidikan berbeda dengan film bingkai, gambar (frame) pada film rangkai berurutan merupakan satu kesatuan ukuran filmnya sama dengan ukuran film bingkai.

o Kelebihan dari film rangkai ini yaitu :

1. Seperti halnya film bingkai, kecepatn penyajian film rangkai bisa diatur dapat di tambah narasi dengan kontrol oleh guru

2. Semua kelebihan non projected sful pisture di miliki oleh film rangkai

3. Film rangkai dapat mempersatukan berbagai media pendidikan yang berada dalam satu rangkap

4. Baik/cocok untuk mengerjakan keterampilan

5. Urutan gambar sudah pasti karena film rangkai merupakan satu kesatuan

6. Penyimpanannya mudah

o Kekurangan dari film rangkai ini yaitu :

1. Sulit untuk di edit ( diubah ) atau di revisi

2. Sudah merupakan satu rangkaian

3. sulit di buat sendiri secara lokal

4. memerlukan peralatan laboratorium yang dapat mengubah film bingkai ke film rangkai.

3. Media/ Transportasi

o Kelebihannya antara lain sebagai berikut :

1. Gambar yang di proyeksikan lebih jelas dibandingkan dengan gambar di papan

2. Guru sambil mengajar dapat berhadapan dengan siswa

3. Memungkinkan penyajian disurminasi warna dan menarik

4. lebih sehat daripada papan tulis

5. menghemat tenaga dan waktu karena dapat di pakai berulang-ulang

6. Sepenuhnya di bawah kontrol guru

7. Praktek dapat di pergunakan untuk sesuai ukuran kelas ruangan

o Kekurangan dari media ini adalah :

1. Transparansi memerlukan peralatan khusus untuk memproyeksikan (OHP) sedang OHP itu sendiri kadang-kadang sulit di cari suku cadangnya di tempat-tempat tertentu

2. Transparansi memerlukan waktu, usaha dan persiapan yang baik lebih baik kalau menggunakan tekhnik penyajian yang kompleks

3. karena lepas, transparansi menuntut cara kerja yang sistematis dalam penyajiannya.

4. Jika tekhnik pemanfaatan serta potensinya kurang dikuasasi ada kecendrungan OHP di pakai sebagai pengganti papan tulis dan siswa cendrung bersifat pasif.

4. Proyektor tak tembus pandang (opaque Projector)

o Kelebihan Proyektor tak tembus pandang ialah :

1. Dapat digunakan untuk hampir semua bidang studi yang ada di kurikulum

2. Dapat memperbesar benda kecil menjadi sebesar papan, sehingga bahan yang semula hanya untuk individu jadi untuk seluruh kelas

o Sedangkan Kelemahan dari Proyektor tak tembus pandang yaitu bahwa proyektor seperti OHP harus digunakan diruangan yang gelap.

5. Mikrofis

o Kelebihan menggunakan mikrofis adalah :

1. Mudah di copy cetak, dan di duplikasikan dengan biaya yang relatif murah

2. Bisa di proyeksikan ke layer lebar

3. Karena dalam bentuk lembaran, ringkas, hemat tempat dan praktis untuk dikirim

o Kelemahan/ kekurangan mikrofis yang pelu diperhatikan :

1. Pembuatan mosfernya mahal

2. Mudah hilang

3. bila telah banyak, sulit memfilenya sehingga mudah salah masuk filing

6. Film

Merupakan media yang amat besar kemampuannya dalam membantu proses belajar mengajar.

o Kelebihan –kelebihan film sebagai suatu media pendidikan yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Film dapat menampilkan kembali masa lalu dan menyajikan kembali kejadian-kejadian sejarah yang lamp

2. Film dapat menyajikan baik teori maupun praktek dari yang bersifat umum ke khusus atau sebaliknya

3. Film dapat mendatangkan seorang ahli dan memperdengarkan suaranya di kelas

4. Film memikat perhatian anak

o Sedangkan kekurangan dari film ini sebagai media, yaitu :

1. Harga atau biaya produksi relatif mahal

2. Film tidak dapat mencapai semua tujuan pembelajaran

3. Penggunaannya perlu ruangan gelap

7. Televisi (TV)

Media ini termasuk media yang menyampaikan pesan –pesan pembelajaran secara audio-visual dengan disertai unsur gerak.

o Kelebihan-kelebihan sebagai berikut :

1. Dapat menerima, menggunakan dan mengubah atau membatasi semua bentuk media yang lain, menyesuaikan dengan tujuan-tujuan yang akan dicapai

2. TV Merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap di terima oleh anak-anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka.

3. Sifatnya langsung dan nyata

4. Horizon kelas dapat diperlebar dengan TV.

5. Program diluar kontrol guru

o Macam-macam Kelemahan TV antara lain :

1. Harga pesawat TV relative mahal

2. Sifat komunikasinya hanya satu arah

3. Jika akan di manfaatkan di kelas jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah sering kali sulit untuk disesuikan

4. Program di luar kontrol guru

8. Video

o Kelebihan Video sebagai media pendidikan, yaitu :

1. Dapat menarik perhatian untuk priode yang singkat dan rangsangan luar lainnya.

2. Dengan alat perekam pita video sejumlah besar penonton memperoleh informasi dari ahli-ahli spesialis

3. Menghemat waktu dan rekaman dapat di putar berulang-ulang

4. Ruangan tak perlu di gelapkan waktu penyajiannya

o Sedangkan kekurangan dari media ini, yaitu :

1. Perhatian penonton sulit di kuasai, partisipasi mereka jarang di praktikkan

2. Sifat komunikasinya bersifat satu arah dan harus diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain

3. Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang di sajikan secara sempurna

4. Memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks

Tugas Mandiri

KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN

SERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah

Media Pembelajaran


Disusun Oleh :

Nama : MISBAH

Nimko : 1291.08.00665

Prodi : S1 PAI

Semester/Lokal : IV/E

Dosen Pengampu : Dra. YUSNETI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM

AULIAURRASYIDIN

TEMBILAHAN

2010

1 komentar: